SUCCES IS NOTHING MORE THAN A FEW SIMPLE DICIPLINES, PRACTICED EVERY DAY

Jumat, 11 Maret 2011

UPAYA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN PRAJURIT KORPS MARINIR

Oleh : Mayor Laut (PM) Suhirto, SH
Wadan Denprov Pasmar-2

            Didalam pergaulan sehari-hari didalam atau luar TNI kiranya tidak asing bagi kita mendengar kata-kata disiplin yang biasa dipergunakan oleh para pemimpin dalam usahanya untuk memelihara ketertiban didalam lingkungan tertentu. Untuk menjaga ketertiban didalam lingkungan yang tertentu, maka didalam lingkungan itu harus ada disiplin. Begitu pula dalam lingkungan TNI, disiplin merupakan salah satu syarat mutlak untuk memelihara ketertiban didalam lingkungan TNI sebagai alat Kekuasaan Negara sewaktu-waktu harus dapat dipergunakan. Dengan tidak ada disiplin, maka TNI itu akan merupakan gerombolan bersenjata saja.

            Hakikat disiplin adalah berfikir tertib,  bersikap tertib dan bertingkah laku tertib. Diketahui ketertiban itu merupakan dasar bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hubungan ini mesti dipahami bahwa ketertiban itu dasar dari rasa tenteram dan sejahtera oleh karena itu harus dikuasai bahwa ketertiban itu adalah dasar bagi masyarakat modern dan maju. Berfikir tertib, bersikap tertib dan bertingkah laku tertib kiranya memerlukan syarat minim yang harus dipenuhi. Berfikir tertib membutuhkan penguasaan bahasa, bersikap tertib membutuhkan total kombinasi unsur-unsur sikap yang kondusif dan bertingkah laku tertib niscaya membutuhkan hukum yang kalau perlu dapat memaksa siapa saja agar bersikap tindak sesuai dengan hukum sebagaimana diketahui hukum itu merupakan produk pemikiran yang tumbuh dan berkembang karena kebutuhan manusia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hukum itu bukanlah suatu kesatuan yang konstan melainkan suatu fungsi yang senantiasa dinanti efeknya. Tertib hukum itu tidak saja harus stabil tetapi juga harus luwes, membawa rasa tenang dan tenteram.
           



            Dengan meyakini betapa mutlaknya kepentingan disiplin bagi kelangsungan hidup suatu organisasi, Lebih-lebih organisasi itu buatan manusia, maka sangat diminta pengertian kepada Anggota Marinir bahwa tertib adalah sebagai sarana disiplin.

            Mungkin kita perlu bertanya apa gunanya tata tertib bagi Prajurit marinir ? Sedikit penulis dapat sampaikan bahwa :
Untuk memelihara keamanan dalam dan luar Negara mempunyai alat kekuasaan “Alat kekuasaan bersenjata”. Alat kekuasaan bersenjata ini memenuhi tugas dengan dibuat peraturan-peraturan yang membuat alat kekuasaan ini menjadi satu organisasi yang teratur dan dinyatakan secara bertingkat dalam pengabdian, ketaatan dari bawahan terhadap atasan, ketaatan dari atasan dan bawahan terhadap peraturan-peraturan satu organisasi yang mana dengan sesuatu perintah dari pimpinan tertinggi TNI semua alat kekuasaan bersenjata dapat digunakan. Hal ini dapat berjalan dengan sempurna kalau didalam TNI ada tata tertib.
            Gunanya disiplin didalam lingkungan Korps Marinir :
1. Menambah dipenuhinya kewajiban
2. Kerjasama
3. Ketentuan dalam lingkungan tertentu
adalah menjadi kewajiban atasan untuk mendidik bawahan menurut ketatatertib kemudian agar bertujuan mencapai maksud yang didinginkan yaitu meliputi :
a. Ketaatan aktif
b. Berfikir dan bertindak sendiri
c. Inisiatif
d. Berani menerima tanggung jawab
e. Timbulnya : 1). Kesanggupan terhadap kewajiban
                        2). Kesetiaan
                        3). Hormat terhadap yang mempunyai kekuasaan
                        4). Mengutamakan  kepentingan  Negara dan kepentingan sendiri
                             dll.
f. Alat untuk mendidik : 1). Petuah-petuah
                                      2). Peraturan - peraturan  dan   perintah - perintah   yang
                                           bertujuan
                                      3). Contoh yang baik, dapat memperkuat bawahan
                                      4). Hukum-hukum (nasehat-nasehat teladan) / Reword in
                                            Fyma
                                      5). Anjuran untuk rajin dengan berlomba prestasi
                                      6). Cara belajar dengan kebiasaan-kebiasaannya
                                      7). Latihan-latihan militer

            Kelangsungan hidup Marinir dapat terjamin apabila setiap anggota Marinir memahami dan dapat melakukan pedoman yang teratur dalam peraturan militer yang ada dengan sebaik-baiknya.
       
            Menurut pendapat penulis bahwa cirri pasukan mempunyai disiplin yang baik yaitu dengan adanya kecocokan / penyesuaian antara kelakuan-kelakuan lahir  dari  pasukan  itu  dengan  apa  yang  dikehendaki   oleh ketertiban  hukum
( Recht Serde ). Perlu diketahui, bahwa kelakuan-kelakuan lahir ini harus timbul dari disiplin lahir, tetapi juga disiplin batin. Disiplin lahir, persesuaian antara kelakuan-kelakuan tentara yang dikehendaki oleh ketertiban hukum tentara dengan kelakuan-kelakuan yang sebenarnya tampak oleh kita. Sedangkan disiplin batin, dalam tentara bertindak sesuai dengan peraturan-peraturan dengan kesadaran bahwa hal itu adalah memang harus demikian.
           
            Semoga dengan adanya suatu keutuhan yang dimiliki dengan persamaan dalam persepsi makna disiplin ini lebih mendorong kita semua untuk lebih menyatu padukan tekad dalam menegakan keadilan dan kebenaran dari pada perjuangan / tuntutan hati nurani Prajurit Korps Marinir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar